UNDANGAN PELATIHAN TALENTS MAPPING BAGI MAHASISWA BUD TPB Print
Monday, 11 April 2011 03:32

Tim BUD mengadakan “Pelatihan Talents Mapping” wajib bagi mahasiswa BUD TPB pada 30 April 2011 jam 9.00 -15.00 di Ruang Kuliah TPB 3.01, 3.02 dan 3.03 ,Kampus IPB Darmaga.  Mahasiswa mengenakan pakaian bebas rapi dan membawa tinta hitam, papan alas dan alat tulis.  Registrasi pada tanggal 11 – 18 April 2011.

 

Apa itu Talents Mapping?

Dalam mengembangkan bakat dan minat, sebagai langkah awalnya adalah mengenali atau menemukannya terlebih dahulu. Proses penemuan ini bagi banyak orang memerlukan waktu yang tidak sedikit, bahkan bisa sampai ketika usia dewasa atau tua. Banyak dari kita masih menerka-nerka bakat dan minat yang kita memiliki.

Dengan Talents Mapping diharapkan akan meningkatkan produktivitas seseorang serta menambah suasana positif dari kelompok, karena menghargai dan memanfaatkan kekuatan seseorang dan membuat yang bersangkutan memiliki citra diri lebih baik sehingga tentu mendorongnya untuk bekerja pada kapasitas maksimum. Dan dalam suatu kelompok, pendekatan seperti ini akan menciptakan komunikasi yang lebih baik, sinergi maksimum, suasana lebih positif dan tentu saja hasil yang maksimal. 

 

Talents Mapping adalah sebuah program asesmen pertama yang dikembangkan Indonesia (lokal), untuk mengenali potensi bakat dan kekuatan seseorang dengan menggunakan pendekatan 34 (tiga puluh empat) tema bakat Donald Clifton dari Gallup Organization. Talents Mapping dilakukan dengan menggunakan metoda self-assessment dimana assessmen dilakukan secara mandiri dengan mengisi form pernyataan-pernyataan yang menggambarkan diri mereka masing-masing. Dapat mengidentifikasi potensi kekuatan individu dengan didasari pada penemuan bakat. Pengembangannya dengan melatih keterampilan (skill) dan pengetahuan (knowledge) akan memunculkan apa yang dinamakan KEKUATAN (STRENGTH).

 

Program Talents Mapping mencakup Pengukuran Bakat Individu (Talents Mapping Assessment) dan Pernyataan Kekuatan Diri (Personal Strength Statement).  Salah satu keunggulan dari Talents Mapping adalah kemampuannya mengenali potensi bakat seseorang dan memberikan penjelasan secara lengkap tentang potensi bakat, serta memberikan panduan bagaimana sebaiknya bersikap dan memanfaatkan sebesar-besarnya potensi bakat yang ada.

 

Manfaat Asesmen Talents Mapping

Beberapa keuntungan yang didapat dengan menggunakan asesmen ini bagi mahasiswa, antara lain :

- Memotivasi mahasiswa dalam mengembangkan kekuatannya;

- Snapshot kelompok atau organisasi;

- Meningkatkan kerjasama kelompok (Team Building);

- Profil mahasiswa dan pemetaan potensi mahasiswa;

- Meningkatan prestasi siswa dan pembinaan terbaiknya

 

(Sumber : Talents Mapping â„¢,Strengths?based Approach for Students, LeadPro; www.abahrama.com)

 

 

Pengumuman

Kontak kami :

Sekretariat Beasiswa Utusan Daerah (BUD) 

Telp : 0251-8624092, 8622642 ext.111

E-mail : bud@apps.ipb.ac.id   

Whatsapp : 081282266876 (Ribka/Apri)

Instragram : bud.ipb

Twitter : @bud_ipb

Facebook : Beasiswa Utusan Daerah Ipb

Line ID  : budipb

Pencarian

Polling

Bagaimana menurut anda sistem Layanan BUD IPB?
 

RSS Feed

Video Profil IPB