Apresiasi Mahasiwa BUD Berprestasi Print
Monday, 21 March 2016 06:25

Apresiasi Mahasiswa BUD Berprestasi melalui Outing ke Pusat Penelitian Teh dan Kina, Gamboeng, Ciwidey

 

Tim BUD dan mahasiswa BUD berprestasi melakukan kunjungan ke Pusat Penelitian Teh dan Kina di Gamboeng, Ciwidey, Bandung pada tanggal 19-20 Maret 2016. Kunjungan ini merupakan bentuk apresiasi atas pencapaian hasil akademik yang baik oleh mahasiswa BUD pada Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU) Semester Gasal 2015/2016. Terdapat 33 (tiga puluh tiga) mahasiswa BUD yang mengikuti acara tersebut, dan didampingi langsung oleh Ketua Tim BUD Dr. Ir. Ibnul Qayim serta Sekretariat BUD Sonya Dwi Rachmawati, Ribka Puji Raspati, Farchaini Budi Astuti, Moelia Soegimeriyah dan Ratno.

 

Rangkaian acara kunjungan tersebut diawali dengan pemaparan singkat mengenai Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK), Gamboeng oleh Tim Agrowisata PPTK Gamboeng Bapak Maman Sualeman. PPTK Gamboeng ini telah didirikan sejak tahun 1973 dan bertujuan untuk menyelenggarakan penelitian tempat guna (applaid research) di bidang teh dan kina dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas dari produksi teh dan kina serta memecahkan problema yang timbul atau diduga akan timbul di bidang pengusahaan teh dan kina.

Setelah pemaparan, acara dilanjutkan dengan tea walk atau berjalan mengelilingi kebun teh PPTK sejauh kurang lebih 1 jam. Tea walk yang dipandu langsung oleh Bapak Maman Sulaeman, Bapak Wawan dan Bapak Endang, mengelilingi kebun teh yang terdiri dari berbagai jenis varietas teh hasil pengembangan dan penelitian PPTK Gamboeng. Dalam perjalanan tea walk tersebut, peserta juga berkesempatan melalui jalur terowongan bekas peninggalan zaman belanda sejauh 60 meter. Kunjungan diakhiri dengan melihat proses pengolahan di pabrik teh. Peserta ditunjukkan proses bagaimana daun teh mulai dari pemetikan hingga menjadi produk teh yang siap dipasarkan.

 

Acara dilanjutkan dengan permainan bagi para peserta untuk memacu kreativitas dan kerjasama tim. Pada permainan tersebut dibagi menjadi 4 (empat) kelompok yang dinamai kelompok teh hijau, teh hitam, teh oolong dan kina. Kelompok yang menjadi juara umum adalah kelompok Kina. Seluruh peserta sangat antusias mengikuti kegiatan di PPTK, Gamboeng tersebut.

 

 

Pengumuman

Kontak kami :

Telp : 0251-8629882/8624092

Whatsapp : 081282818035 (Ribka/Sonya/Ani)

Line ID  : budipb

Add Line Group : 

  • BUD 53 : budipb53
  • PPU 2016 : ppuipb2016

Facebook : BUD IPB

Twitter : @bud_ipb

E-mail : bud@ipb.ac.id / bud@apps.ipb.ac.id  

 

Pencarian

Polling

Bagaimana menurut anda sistem Layanan BUD IPB?
 

RSS Feed

Video Profil IPB