KUNJUNGAN MAHASISWA PPU KE RUMAH SAKIT SATWA, TAMAN SAFARI INDONESIA Print
Thursday, 14 February 2013 10:06

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan wawasan mahasiswa Program Pra Universitas (PPU) IPB tentang satwa khususnya bidang kedokteran hewan, diadakan kunjungan ilmiah ke Taman Safari Indonesia (TSI), Cisarua pada hari Rabu, 13 Februari 2013, dengan fokus kunjungan ke Rumah Sakit Satwa dan Karantina Hewan. Mahasiswa PPU yang mengikuti kunjungan tersebut berjumlah 25 orang didampingi oleh Ketua Pelaksana PPU Dr. Eko Sri Wiyono, Sekretariat BUD Sonya Dwi Rachmawati, Ribka Puji Raspati, Ratno dan Whendi. Tim disambut langsung oleh Direktur Taman Safari Indonesia Cisarua Drs. Jansen Manangsang, M.Sc, Koordinator Kerjasama Kegiatan IPB dan Taman Safari Indonesia Prof. Dr. drh. Dondin Sajuthi, beserta tim dokter hewan Taman Safari Indonesia Cisarua.

 


 

Rute pertama yang didatangi adalah mengelilingi seluruh kawasan TSI dengan menggunakan bis Taman Safari Indonesia. Setelah itu mahasiswa mengunjungi Rumah Sakit Satwa dengan dipandu oleh tim dokter hewan Taman Safari Indonesia. Kunjungan di Rumah Sakit Satwa antara lain mahasiswa diperkenalkan kepada bagian-bagian dari Rumah Sakit Satwa, yaitu Nursery Room, Pathology Room, Surgery Room, dan Laboratorium. Selanjutnya, mahasiswa PPU juga berkesempatan mengunjungi tempat Karantina Hewan. Tempat karantina hewan ini adalah gerbang awal masuknya hewan yang akan masuk TSI. Di bagian karantina hewan ini, semua hewan yg akan masuk ke TSI, baik yang dari dalam negeri maupun luar negeri akan melalui beberapa tahap pemeriksaan kesehatan dan penyesuaian bagi hewan. Kemudian di bagian Nursery mahasiswa juga berkesempatan untuk merasakan langsung bagaimana merawat dan menggendong bayi satwa seperti orang utan, simpanse, dan harimau.

Pada kesempatan selanjutnya, mahasiswa PPU diajak kesebuah balariung duduk bersama dan mendengarkan presentasi tentang wawasan kedokteran hewan dari Prof. Dr. drh. Dondin Sajuthi dan Tim Dokter Hewan Taman Safari Indonesia. Mahasiswa PPU juga diberi kesempatan untuk mengutarakan pertanyaan jika dirasa masih ada yang belum mereka mengerti. Mahasiswa mendapatkan banyak wawasan seperti cara perawatan satwa, keamanan TSI, sampai pengambilan sampel darah satwa untuk pengobatan. Hal ini dirasa sangat bermanfaat bagi mahasiswa PPU IPB karena sebagian besar merupakan calon mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan dan beberapa dari Fakultas Pertanian serta Fakultas Ilmu pengetahuan Alam. Di akhir kunjungan tidak lupa Tim Sekretariat BUD IPB memberikan kenang-kenangan sebagai rasa terima kasih atas sambutan yang hangat dari Taman Safari Indonesia. Di akhir acara juga ditutup dengan pemberian penghargaan bagi mahasiswa PPU yang mendapatkan prestasi nilai terbaik pada semester ganjil Pra Universitas ini.

 

Pengumuman

Kontak kami :

Sekretariat Beasiswa Utusan Daerah (BUD) 

Telp : 0251-8624092, 8622642 ext.111

E-mail : bud@apps.ipb.ac.id   

Whatsapp : 081282266876 (Ribka/Apri)

Instragram : bud.ipb

Twitter : @bud_ipb

Facebook : Beasiswa Utusan Daerah Ipb

Line ID  : budipb

Pencarian

Polling

Bagaimana menurut anda sistem Layanan BUD IPB?
 

RSS Feed

Video Profil IPB