Apresiasi Mahasiswa BUD Berprestasi Print
Friday, 29 July 2022 01:26

Educational Outing Mahasiswa BUD Berprestasi ke IFMOS IPB Ancol dan Kawasan Ekowisata Mangrove PIK

 

Sebagai bentuk apresiasi terhadap prestasi akademik mahasiswa BUD, Sekretariat BUD bekerjasama dengan Tim IPB Fisheries and Marine Observation (IFMOS) dan Tim MangroveJkt.id telah melaksanakan kegiatan Educational Outing di dua tempat, yaitu Apartemen Kepiting IPB dan Ekowisata Mangrove PIK. Kegiatan Outing ini diikuti oleh 32 orang mahasiswa aktif IPB dari berbagai angkatan, yaitu angkatan 2018, 2020, dan 2021. Para peserta merupakan penerima beasiswa yang berasal dari berbagai daerah dan diutus untuk menempuh studi di IPB, sehingga pada kegiatan outing tersebut merupakan ajang untuk saling mengenal rekan-rekan dari daerah lain. Keberangkatan rombongan hari Sabtu Pagi, 23 Juli 2022 dari Kampus IPB Dramaga menandakan rangkaian kegiatan Educational Outing dimulai. 

Destinasi pertama yang menjadi tempat kunjungan adalah Apartemen Kepiting IPB. Antusias peserta sudah terlihat sejak keberangkatan, ditandai dengan semangat dan kesiapan mereka untuk menjalani setiap rangkaian kegiatan. Tiba di Apartemen Kepiting yang lokasinya berada di Ancol, rombongan langsung disambut baik oleh Tim IFMOS IPB dan diarahkan menuju ruangan Training Center. Di Apartemen Kepiting peserta diajak untuk tour aksi kepiting, sebelum memulai aksi tersebut Dr. Ir. Ibnul Qayim selaku Ketua Tim BUD mengucapkan terimakasih atas sambutan baik yang diberikan dan dengan hal tersebut ketua tim BUD menyerahkan sepenuhnya para peserta kepada Tim IFMOS IPB.

Peserta tour kepiting dibagi menjadi tiga kelompok dan masing-masing kelompok secara bergantian diberi kesempatan untuk melihat langsung rangkaian instalasi dari Apartemen Kepiting. Antusias peserta semakin bertambah saat diajak tour kepiting, fenomena ini merupakan hal baru bagi peserta yang sebelumnya belum mereka dapatkan di bangku kuliah. Setelah puas diajak tour kepiting, peserta kembali diarahkan ke ruangan Training Center. Selanjutnya diadakan sesi diskusi interaktif antara peserta dan pengelola Apartemen Kepiting. Dengan modal pengetahuan yang telah diperoleh, terlihat peserta dengan rasa ingintahu melempar beberapa pertanyaan kepada pengelola. Semua pertanyaan ditampung dan dijawab oleh pengelola. Beranjak dari Apartemen Kepiting, rombongan melanjutkan perjalanan menuju Resto Apung Muara Angke untuk makan siang dan istirahat sejenak. Setelah itu, rombongan kembali melanjutkan perjalanan menuju destinasi kedua yaitu Kawasan Ekowisata Mangrove PIK. Di lokasi ini rombongan disambut baik oleh rekan-rekan dari Tim MangroveJkt.id, yang mana Tim MangroveJkt.id merupakan komunitas lingkungan yang focus pada konservasi mangrove di Indonesia. Beberapa kegiatan sudah disiapkan untuk dijalani oleh peserta. Tentunya setiap kegiatan mempunyai nilai pembelajaran yang dikemas semenarik mungkin agar menambah semangat dan minat peserta untuk menjalani aksi mangrove. Sambutan dari ketua tim BUD dan penyerahan secara simbolis bibit pohon mangrove menandakan rangkaian kegiatan untuk aksi mangrove dimulai. 

Aksi mangrove, begitulah sebutan untuk kegiatan yang dijalankan oleh peserta. Di dalam aksi mangrove peserta diajak keliling melihat ekosistem hutan mangrove dan menjelaskan secara detail nilai, peran, dan manfaat dari mangrove tersebut. Kata mangrove memang sudah tidak asing di telinga peserta, namun update pengetahuan mengenai mangrove harus berjalan. Setelah puas berkeliling hutan mangrove, peserta kemudian diberikan bibit pohon mangrove untuk ditanam. Sebelumnya peserta sudah diajarkan tata cara menanam pohon mangrove, sehingga saat proses penanaman peserta terlihat mahir menanam setiap bibit pohon. Aksi mangrove ditutup dengan Quiz berhadiah dan adu Yel Yel antar kelompok. Kelompok dengan Yel Yel terbaik diberi hadiah khusus dari Sekretariat BUD.     


 

 

Pengumuman

Kontak kami :

Sekretariat Beasiswa Utusan Daerah (BUD) 

Telp : 0251-8624092, 8622642 ext.111

E-mail : bud@apps.ipb.ac.id   

Whatsapp : 081282266876 (Ribka/Apri)

Instragram : bud.ipb

Twitter : @bud_ipb

Facebook : Beasiswa Utusan Daerah Ipb

Line ID  : budipb

Pencarian

Polling

Bagaimana menurut anda sistem Layanan BUD IPB?
 

RSS Feed

Video Profil IPB