SOSIALISASI IPB DI KABUPATEN BELITUNG TIMUR Print
Friday, 19 January 2018 14:39

SOSIALISASI IPB DI KABUPATEN BELITUNG TIMUR

 

Kunjungan Institut Pertanian Bogor (IPB) kembali dilakukan di Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada hari Selasa dan Rabu, 16-17 Januari 2018. Kegiatan diawali dengan pertemuan antara tim BUD IPB dengan 4 orang alumni IPB penerima BUD yaitu Mirna, Normi, Eka, dan Bilyan yang saat ini telah kembali ke Belitung dan mengabdi pada daerah asalnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pertemuan tim BUD IPB dengan Bupati Beltim beserta jajarannya. Bertempat di Ruang Rapat Kantor Bupati Beltim, kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi terkait kerjasama berupa program Beasiswa Utusan Daerah (BUD). 

Bupati Beltim, Yuslih Ihza dalam kesempatan audiensi tersebut menyatakan minatnya untuk kembali bekerjasama dengan IPB mengingat pada tahun 2007 hingga 2012, Pemkab Beltim telah mengirimkan putra-putri daerah untuk kuliah di IPB. “IPB membantu kami untuk mengembangkan potensi baik SDM dan SDA khususnya dalam bidang pertanian dan perikanan”, ujarnya. Harapan serupa juga disampaikan oleh Sekretaris Institut, Dr. Ir. Ibnul Qayim. “Anak-anak dari Beltim yang pernah kuliah di IPB sangat baik prestasinya, bahkan sebagian besar menyandang predikat cumlaude. Maka dari itu, kami sangat menantikan putra-putri Beltim untuk mendapat beasiswa dan melanjutkan studi di IPB.”. Nantinya, skenario pembiayaan beasiswa dapat diperoleh melalui CSR perusahaan maupun APBD mengingat peningkatan kualitas IPTEKS dan SDM merupakan tanggung jawab bersama, terutama oleh pendidikan tinggi, pemerintah pusat, pemerintah daerah, swasta, dan masyarakat.

 

Kegiatan sosialisasi IPB dilanjutkan keesokan harinya (Rabu, 17 Januari 2018) ke SMAN 1 Kelapa Kampit. Disambut oleh Bapak Sukma Agung selaku Waka Kesiswaan, acara ini dihadiri oleh siswa dan siswi kelas XI dan XII IPA dengan jumlah kurang lebih 50 orang. Kegiatan ini diawali oleh sambutan dan cerita singkat tentang IPB yang disampaikan oleh Dr. Ir. Ibnul Qayim. Pada kesempatan ini, beliau juga menyampaikan inovasi berupa Satelit LAPAN-IPB yang sangat membantu perkembangan pembangunan pertanian Indonesia termasuk di dalamnya perikanan dan kehutanan. Setelah terbentuk suasana yang kondusif, kegiatan dilanjutkan dengan presentasi profil IPB oleh Ratna Nur Oktavia selaku Duta IPB periode 2016-2017. Kegiatan presentasi ditutup dengan penayangan video MPKMB 53 yang sukses membuat siswa-siswi semakin antusias. Hal tersebut dapat dibuktikan saat dibuka sesi tanya-jawab. 12 orang siswa-siswi menyampaikan pertanyaannya dan langsung dijawab oleh Dr. Ir. Ibnul Qayim. Pertanyaan yang diajukan seputar kehidupan kampus, inovasi, beasiswa, sistem UKT, sampai kesempatan untuk melakukan student exchange.

“Terimakasih banyak IPB telah berkunjung ke SMAN 1 Kelapa Kampit. Sosialisasi ini sangat bermanfaat untuk anak-anak kami. Kami menyadari semangat mereka untuk melanjutkan studi masih sangat tinggi, namun terhalang oleh rasa pesimis akan biaya dan persaingan dengan daerah lain. Beberapa dari mereka juga terkadang masih cenderung ‘ikut-ikutan’ dalam memilih PTN. Semoga dengan adanya sosialisasi ini, wawasan anak-anak kami semakin terbuka dan semakin membulatkan tekad untuk melanjutkan studi di IPB. Semoga bantuan dana berupa beasiswa juga dapat membangkitkan harapan bagi mereka yang sangat ingin membanggakan nama Kabupaten Belitung Timur.” ujar Ibu Sri Mulyani selaku Kepala Sekolah SMAN 1 Kelapa Kampit di penghujung pertemuan kegiatan sosialisasi IPB.

 

 

BUD 2017

Pengumuman

Kontak kami :

Telp : 0251-8629882/8624092

Whatsapp : 081282818035 (Ribka/Sonya/Ani)

Line ID  : budipb

Add Line Group : 

  • BUD 53 : budipb53
  • PPU 2016 : ppuipb2016

Facebook : BUD IPB

Twitter : @bud_ipb

E-mail : bud@ipb.ac.id / bud@apps.ipb.ac.id  

 

Pencarian

Polling

Bagaimana menurut anda sistem Layanan BUD IPB?
 

RSS Feed

Video Profil IPB