BEASISWA MINAMAS PLANTATION DI IPB Print
Tuesday, 28 July 2009 08:00

Laporan kegiatan Penganugerahan Beasiswa Minamas Plantation Sime Darby Scholarship


Latar Belakang

Berawal dari kepedulian Minamas Plantation (Sime Darby Berhard) terhadap masa depan bangsa dan kesejahteraan karyawannya. Pada tahun 2009 Minamas Plantation memberikan kesempatan kepada mahasiswa/i yang sedang menuntut ilmu di Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia dan kepada anak-anak karyawan Minamas Plantation lulusan SMA diseluruh Indonesia untuk mendapat Beasiswa Pendidikan.

Beasiswa yang diberikan tidak hanya berupa biaya pendidikan tetapi juga biaya hidup/ living cost, biaya pembelian buku, biaya penulisan skripsi dan biaya kelulusan/ wisuda. Persyaratan yang diajukan oleh Minamas Plantation adalah penerima beasiswa diutamakan mahasiswa/i yang berasal dari keluarga dengan penghasilan menengah ke bawah, wajib memiliki IPK ≥ 3,00 , memiliki prestasi yang baik di bidang non akademik dan belum pernah menerima beasiswa dari manapun.

Rangkaian kegiatan Beasiswa Minamas Plantation/ Sime Darby Scholarship melewati berbagai tahap, tahap awal dilakukan sosialisasi kepada setiap Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia melalui Direktorat Kemahasiswaan, sosialisasi dilakukan bertujuan agar informasi beasiswa Minamas ini dapat sampai ke mahasiswa pada setiap fakultas di masing-masing perguruan tinggi. Tahap selanjutnya adalah sebar aplikasi dan online assasement. Setelah melalui berbagai tahap terpilih 20 (dua puluh) orang penerima beasiswa Minamas Plantation/ Sime Darby Scholarship. 20 (dua puluh) orang terdiri dari 10 (sepuluh) orang mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia dan 10 orang anak karyawan Minamas Plantation yang tersebar di seluruh Indonesia.
Tujuan

Beasiswa yang diberikan oleh Minamas Plantation (Sime Darby Scholarship) kepada mahasiswa di seluruh perguruan tinggi terbaik di Indonesia dan kepada anak-anak karyawan Minamas Plantation lulusan SMA si seluruh Indonesia memiliki tujuan untuk:

 

  1. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa/i untuk mendapatkan pendidikan yang setinggi-tingginya.
  2. Mempersiapkan generasi penerus untuk melanjutkan kinerja Minamas Plantation, karena setelah lulus para penerima beasiswa Minamas Plantation/ Sime Darby Scholarship memiliki ikatan dinas untuk bekerja di perusahan pemberi beasiswa tersebut.
  3. Program benefit perusahaan dalam memajukan kesejahteraan karyawan melalui beasiswa pendidikan para anak karyawan.

Waktu dan Tempat

Acara Minamas Plantation Sime Darby Scholarship Award dilaksanakan pada:

Hari        : Kamis, 9 Juli 2009
Waktu    : 14.00 s/d 16.00 WIB
Tempat  : Ballroom AB Grand Hyatt Jakarta


Bentuk Kegiatan

Sebagai bentuk Penghargaan kepada para penerima beasiswa, Minamas Plantation menggelar acara Penganugerahan Beasiswa Minamas Plantation/ Sime Darby Scholarship pada hari Kamis, 9 Juli di Ballroom AB Grand Hyatt Jakarta. Jumlah tamu undangan yang hadir pada acara ini adalah 127 orang yang terdiri dari orang tua penerima beasiswa yang berasal dari Riau, Aceh, Kalimantan, Solo dll, hadir pula Chairman PT Sime Darby Berhard Tun Musa Hitam beserta jajaran, Mantan Menteri Perdagangan Dr. Arifin mohamad Siregar selaku Direktur Eksekutif Sime Darby Berhad, Prof Emil Salim mantan Menteri Negara Pengawasan Pembangunan dan Lingkungan Hidup, Tanri Abeng, MBA (mantan Menteri Negara Pemberdayaan BUMN Kabinet Pembangunan IV dan Kabinet Reformasi) kini menjabat sebagai komisaris Utama PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk (PT TELKOM), perwakilan dari Perguruan Tinggi antara lain Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gajah Mada (UGM) dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), jajaran Minamas Plantation, dan undangan lainnya.

Sebagai pembuka, Bpk. Hero Djajakusuma memaparkan tahapan penyebaran informasi beasiswa Minamas Plantation/ Sime Darby Scholarship yang dimulai dengan sosialisasi ke setiap Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia melalui Direktorat Kemahasiswaan, dilanjutkan dengan sebar aplikasi dan online assasement. Setelah melalui berbagai tahap terpilih 20 (dua puluh) orang penerima beasiswa Minamas Plantation/ Sime Darby Scholarship.

20 (dua puluh) mahasiwa penerima Beasiswa Minamas Plantation/ Sime Darby Scholarship mendapat piagam penghargaan yang diberikan secara simbolik dari Bpk Tun Musa Hitam selaku komisaris utama Sime Darby Berhad. 10 (sepuluh) orang penerima beasiswa adalah 2 (dua) orang mahasiwa dari UI, 1 (satu) orang mahasiswa dari ITS, 2 (dua) orang mahasiswa dari ITB, 1 orang mahasiswa UGM dan 4 orang mahasiswa/i dari Institut Pertanian Bogor yaitu:

  1. Ririn Masrina (G34070018) Departemen Biologi
  2. Puji Astuti ( G84080052) Departemen Biokimia
  3. Agus Suyitno (A44070011) Departemen Arsitektur Lansekap
  4. Dhiba Ainisa Umarghanies (F14080012) Departemen Teknik Pertanian

10 (sepuluh) orang penerima beasiswa Minamas Plantation lainnya adalah anak-anak karyawan Minamas Plantation lulusan SMA terdiri dari 8 (delapan orang) mendapat beasiswa kuliah di IPB, 1 (satu) orang mendapat beasiswa kuliah di UI dan 1 (satu) orang mendapat beasiswa kuliah di UGM. 8 (delapan) orang penerima beasiswa Minamas Plantation berasal dari Aceh, Pekanbaru, Jambi, Kisaran Sumatera Utara, Banjarnegara Jawa Tengah. 8 (delapan) orang yang mendapat beasiswa di Institut Pertanian Bogor (IPB) melalui jalur Beasiswa Utusan Daerah (BUD) yaitu:

  1. Permadi             (A14090080) Manajemen Sumberdaya Lahan
  2. Rizki Ananda Aidita         (F44090045) Teknik Sipil dan Lingkungan
  3. Aprina Elisa Haloho         (F44090046) Teknik Sipil dan Lingkungan
  4. Irene Arika Putri S         (G34090095) Biologi
  5. Mirah Ayuningsih         (G34090096) Biologi
  6. Wulan Ramadhani Ristanti     (G34090097) Biologi
  7. Ana Mirnawati Br. Nababan     (H24090091) Manajemen
  8. Ahira Septini Putri        (H24090092) Manajemen

Selain piagam penghargaan seluruh penerima beasiswa Minamas Plantation/ Sime Darby Scholarship menerima notebook yang dapat digunakan untuk menunjang kegiatan perkuliahan. Ririn Masrina mahasiswa jurusan Biologi Fakultas MIPA IPB berkesempatan mewakili seluruh penerima beasiswa untuk memberikan pidato dan ucapan terima kasih atas pemberian beasiswa dari Minamas Plantation/ Sime Darby Berhad.
 

Pengumuman

Kontak kami :

Telp : 0251-8629882/8624092

Whatsapp : 081282818035 (Ribka/Sonya/Ani)

Line ID  : budipb

Add Line Group : 

  • BUD 53 : budipb53
  • PPU 2016 : ppuipb2016

Facebook : BUD IPB

Twitter : @bud_ipb

E-mail : bud@ipb.ac.id / bud@apps.ipb.ac.id  

 

Pencarian

Polling

Bagaimana menurut anda sistem Layanan BUD IPB?
 

RSS Feed

Video Profil IPB